Informasi Cuti Bersama dan Lowongan Kerja

Cara Mudah Menghitung Umur di Excel

Kebetulan saya memegang data perangkat desa yang menerima tunjangan dari Pemda. Umur pensiun perangkat desa 60 tahun. Jika sudah berumur 60 tahun, maka dianggap sudah pensiun dan tidak menerima tunjangan lagi dari Pemda. Saya akan berbagi cara mudah menghitung umur di Excel. Kebetulan Excel yang saya pakai adalah Excel 2010, namun sebenarnya sama saja koq di Excel 2007 ataupun Excel 2003.

Berikut caranya.

Saya asumsikan anda mempunyai data yang akan dihitung umurnya. Biasanya saya membuat semacam kolom tambahan untuk kontrol umur dan masa pensiun, seperti gambar dibawah ini.


Pertama tentu saja buka aplikasi excel anda. kemudian kita tulis rumus untuk menunjukkan tanggal hari ini. Rumusnya adalah =TODAY() , ketik rumus tersebut di formula bar.
today






Maka hasilnya akan menunjukkan tanggal hari ini
today hasil
Anda bisa mengatur format tanggal apakah MMDDYYYY, atau DDMMYYYY, melalui klik kanan pada cell kemudian format cell lalu pilih date, ubah type dan locale sesuai keinginan Anda.

Kemudian Anda masukkan nama atau tanggal lahir data yg anda ingin hitung umurnya. seperti contoh berikut ini. menghitung-umur-excel
rumus =TODAY() saya tempatkan di cell F1

Kemudian tuliskan rumus berikut di cell D3 =YEAR(F1)-YEAR(C3) , lalu copy rumus ke cell dibawahnya.

hasil-menghitung-umur-excel
hasilnya seperti ini.
ya kurang lebih seperti itu tutorial sederhana ini tentang menghitung umur menggunakan excel

Masalahnya adalah, hasil dari rumus ini adalah hanya mengurangkan tahun dengan tahun. Jadi klo misalnya lahirnya tanggal 6 bulan 12 tahun 1953, maka tetap dihitung 60 tahun. Padahal masih bisa menerima gaji/tunjangan 6 bulan lagi.

Bagaimana cara menghitung umur seseorang di excel, tepat dengan tahun, bulan, dan bahkan harinya? Maksudnya misalnya 59 tahun 6 bulan 10 hari.

Ternyata cukup mudah. Gunakan rumus  ini: =DATEDIF(C2;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(C2;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(BC2;TODAY();"MD")&" Hari "

Catatan: Ganti C2 dengan cell yang berisi tanggal

Cara Mudah Menghitung Umur di Excel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Simple World News